Cemas Anak Download Aplikasi tak Pantas? Google Tawarkan Cara Agar Orang Tua Tahu Isi HP Anaknya

Iptek  
Anak-anak bermain gadget. Google menawarkan fitur agar orang tua bisa memantau aktivitas anak lewat HP. Foto: Republika
Anak-anak bermain gadget. Google menawarkan fitur agar orang tua bisa memantau aktivitas anak lewat HP. Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Kekhawatiran banyak orang tua saat ini adalah anak-anak yang memiliki smartphone pribadi mencari atau mendownload file yang kurang pantas. Menjawab keresahan para orang tua, Google menyediakan fitur agar mereka bisa memantau aktivitas anak di dunia maya.

Tak hanya apa saja yang dibeli atau transaksi keuangan, aplikasi dan item gratis yang didownload atau dapatkan anak juga bisa diketahui orang tua. Fitur Google ini tersedia dalam sistem yang didesain untuk membatasi aktivitas belanja anak di Google Play Store, yaitu sistem pembayaran untuk keluarga.

Bapak dan ibu bisa menyetel sistem pembayaran untuk keluarga. Perangkat yang didaftarkan di sistem pembayaran untuk keluarga akan menggunakan metode pembayaran yang sama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

BACA JUGA: 4 Game untuk Anak Perempuan yang Bisa Tingkatkan Keterampilan, Download di HP Android dan iPhone

Nantinya setiap aktivitas pembelian, gratis atau berbayar, dilaporkan ke satu akun Google yang ditetapkan sebagai manajer. Jadi lewat cara ini setiap anggota keluarga mendownload aplikasi baru, berlangganan aplikasi berbayar, atau bahkan membeli produk di dalam aplikasi seperti "item" game online, pengelola akun yang akunnya dipegang orang tua akan mendapatkan notifikasi.

Cara ini menjadi langkah cermat agar orang tua bisa lebih tenang. Namun, metode ini punya kelemahan, yaitu ada potensi anak melakukan pembelian besar-besaran yang baru disadari kemudian oleh orang tuanya lewat tagihan pada akhir bulan.

BACA JUGA: 4 Cara Login ke Akun Google: Mudah, Aman, dan Cepat

Google kini menyediakan fitur baru sehingga anak harus meminta izin jika ingin mendownload atau melakukan transaksi, baik gratis atau pun berbayar lewat HP pribadinya. Cara ini tidak mengharuskan pembuatan metode pembayaran untuk keluarga.

Namun, saat anak ingin mendownload aplikasi berbayar di Play Store, orang tua akan mendapatkan notifikasi setuju atau ditolak. Jika setuju, orang tua bisa menggunakan metode pembayaran dari smartphone-nya untuk menyelesaikan proses pembelian aplikasi di HP anak.

Tak hanya faktor pembayaran. Cara ini juga membuat orang tua bisa memantau apa saja yang dilakukan anak, mau dan sedang mendownload aplikasi dan produk digital apa saja di HP-nya. Sehingga para orang tua bisa menilai apakah aplikasi yang didownload anaknya pas atau tidak untuk usia anak. Walaupun gratis orang tua bisa menolak jika dinilai kurang pantas.

BACA JUGA: Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya: Materi Pelajaran Kelas 5 SD Tema 9

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image