Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya: Materi Pelajaran Kelas 5 SD Tema 9

Sekolah  
Iklan baris di koran. Iklan baris menjadi materi tema 9 subtema 3 murid kelas 5 SD.
Iklan baris di koran. Iklan baris menjadi materi tema 9 subtema 3 murid kelas 5 SD.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Murid kelas 5 SD tahun ajaran 2023/2024 mendapatkan materi iklan baris di media cetak. Materi tersebut ada di tema 9 subtema 3.

Dikitup dari kbbi.kemdikbud.go.id iklan baris adalah iklan kecil (singkat) yang terdiri atas beberapa baris saja dalam sebuah kolom. Iklan baris sering ditemukan di berbagai media cetak seperti koran dan majalah, biasanya iklan baris berisi sebuah penawaran dengan ruang yang sangat terbatas. Karena itu iklan baris dibuat sekreatif mungkin.

Pembuat iklan barus biasanya menggunakan kata singkatan untuk menghemat ruang dan menekan biaya. Namun, walaupun singkat, pembuatan singkatan pada iklan barisnya harus berisi informasi yang lengkap agar pembaca tetap dapat memahami isi iklan yang ditawarkan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Ajarkan Anak-Anak Gemar Menulis Sejak Dini Biar Bisa Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

Iklan baris mendorong dan membujuk khalayak agar tertarik pada barang, jasa, informasi, ajakan, hingga lowongan kerja. Iklan juga menjadi media untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan. Efek langsung iklan baris adalah meningkatnya jumlah penjualan suatu produk.

Iklan dibedakan menjadi dua jenis, iklan baris dan iklan kolom. Iklan baris muncul di media cetak, koran, dan majalah. Untuk bisa memasang iklan baris, calon pengiklan harus datang ke kantor percetakan koran atau agensi yang menjadi perantara.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image