Bagaimana Bentuk Bumi Menurut Alquran, Datar atau Bulat?

Iptek  
Bumi. Dalam Alquran dijelaskan bagaimana bentuk bumi. Foto: Republika
Bumi. Dalam Alquran dijelaskan bagaimana bentuk bumi. Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Kalian pernah mendengar perdebatan tentang teori bumi datar? Teori ini tentu saja bertentangan dengan teori yang selama ini diajarkan di sekolah atau ilmu pengetahuan umum yang didapat. Namun, tahukah Kids, Alquran ternyata sudah menjelaskan tentang bentuk bumi.

Pada 9 sampai 10 November 2022 untuk kali pertamanya digelar konferensi tahunan para penganut teori bumi datar atau Flat Earth International Conference (FEIC) di Raleigh, Carolina Utara, Amerika Serika. Konferensi itu mengklaim bentuk bumi adalah datar atau seperti bentuk cakram (piringan) dan bukanlah bulat seperti yang telah diakui para ilmuwan dunia.

Salah satu dalil yang mereka kutip adalah bersumber dari Alquran yang menyebutkan bahwa bumi adalah bentuk 'hamparan'. Namun pakar Alquran Indonesia Dr KH Ahsin Sakho Muhammad punya pendapat lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Apa yang akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

Dia mengatakan, teori bumi datar tersebut hanya melihat bentuk bumi dari sisi pandangan mata saja. Namun jika dilihat secara keseluruhan, menurutnya, bumi berbentuk bulat.

Ada beberapa ayat dalam Alquran yang mendukung teori bahwa Bumi berbentuk bulat. "Seandainya bumi berbentuk cakram, juga tidak akan menambah keimanan kita, juga kalau kita ingkari tidak akan mengurangi keimanan kita. Jadi silakan saja berteori. Tapi, ada tanda-tanda di dalam Alquran, yakni takwir atau qurah, yang artinya bola atau lingkaran," kata Kiai Ahsin, seperti dalam pemberitaan Republika.

BACA JUGA: Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

Dalam Alquran dijelaskan bumi berbentuk....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image