Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

Iptek  
Sinar Matahari. Sinar matahari yang sampai ke bumi ternyata berasal dari masa lalu.
Sinar Matahari. Sinar matahari yang sampai ke bumi ternyata berasal dari masa lalu.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Banyak orang mengira bumi adalah tempat paling penting di tata surya kita. Padahal mataharilah pemeran utama sesungguhnya.

Kids, secara harfiah, matahari adalah pemeran utama di tata surya Bima Sakti. Matahari adalah bintang yang paling dekat dengan bumi dan merupakan sumber dari semua panas serta cahaya yang membuat bunga bermekaran, burung bernyanyi, dan manusia berjemur di musim panas.

Kehidupan tidak akan ada tanpa cahaya matahari. Dia juga menjadi pusat tata surya kita dan objek terbesar. Tahukah kamu, ukuran matahari bisa menampung satu juta bumi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dinukil dari National Geographic, gravitasi matahari yang sangat besar mencengkeram planet-planet, asteroid, komet, dan mencegahnya berputar ke luar angkasa. Sederhananya, kita tidak akan memiliki tata surya tanpa matahari.

BACA JUGA: Apa Itu Planet dan Mengapa Pluto tak Bisa Disebut Planet?

Meskipun penting dalam skema besar, matahari tidaklah unik atau rumit. Usia matahari masih kalah tua dibandingkan miliarn bintang lain di galaksi kita. Ukurannya pun rata-rata, meski matahari menyumbang 99,8 persen dari total massa tata surya, matahari sebenarnya hanyalah sebuah bola gas yang besar.

Sebuah proses yang disebut fusi nuklir mengubah hidrogen menjadi helium jauh di dalam inti matahari, yang suhunya mencapai 18 juta derajat Fahrenheit (15,7 juta derajat Celcius). Fusi menciptakan energi yang berpindah ke permukaan matahari dalam perjalanan yang berlangsung jutaan tahun.

BACA JUGA: Heboh Video Harimau Jawa Muncul di Wonogiri, Benarkah Raja Rimba Masih Lestari?

Namun matahari tidak selamanya membara. Inti atom pada akhirnya akan kehabisan gas hidrogen yang mengakhiri kehidupan matahari. Namun jangan takut, para ilmuwan meramalkan hal tersebut baru terjadi setidaknya lima miliar tahun lagi.

Fakta-fakta tentang matahari...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image