9 Cara Selamatkan Diri Ketika Gempa Bumi

Trend  

 Ilustrasi gempa bumi. Ada 9 langkah yang bisa dilakukan saat gempa terjadi untuk menyelamatkan diri. Foto: Dok Republika
Ilustrasi gempa bumi. Ada 9 langkah yang bisa dilakukan saat gempa terjadi untuk menyelamatkan diri. Foto: Dok Republika

4. Pakai tangga darurat
Jika gempa bumi terjadi sebisa mungkin gunakan tangga darurat untuk keluar dari bangunan. Jangan berlari saat menuruni tangga saat berupaya menyelamatkan diri.

5. Jika tak bisa keluar, berlindung dari runtuhan di dalam gedung
Berlindunglah di bawah meja guna menghindari berbagai benda yang bisa jaduh dan menimpa badan kamu.

6. Ketika di area terbuka
Saat sedang di area terbuka, hindari berdiri di dekat pohon, tiang, ataupun sumber listrik, dan bangunan atau gedung yang mungkin bisa roboh. Perhatikan juga tempat berpijak, jika ada retakan tanah segera menjauh dan cari tempat aman.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Apa Itu Planet dan Mengapa Pluto tak Bisa Disebut Planet?

7. Saat berada di dalam mobil
Segera menepi ketika sedang berkendara menggunakan mobil lalu turun dan menjauh. Carilah tempat aman.

8. Ketika di pantai
Saat gempa terjadi dan kamu sedang berada di pantai, segeralah menjauh dari bibir pantai dan lari ke tempat yang lebih tinggi. Jika ada tebing, segera evakuasi diri ke atas tebing atau bukit. Cara ini untuk menghindari potensi terjadinya tsunami pascagempa bumi.

BACA JUGA: Bacaan Doa untuk Melindungi Anak-Anak dan Bayi dari Gangguan Setan dan Jin Kafir

9. Saat di gunung
Jika gempa bumi melanda dan kamu sedang berada di pegunungan di mana berpotensi longsor, usahakan cari tempat yang aman di wilayah terbuka. Jauhi pepohonan tinggi yang dapat berpotensi roboh ataupun patah.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image