5 Nutrisi Agar Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Trend  

 Minum Susu. Salah satu sumber nutrisi untuk kesehatan tulang adalah susu. Rutin minum susu bisa menjaga agar tulang tetap sehat. Foto: Dok Republika
Minum Susu. Salah satu sumber nutrisi untuk kesehatan tulang adalah susu. Rutin minum susu bisa menjaga agar tulang tetap sehat. Foto: Dok Republika

3. Protein
Protein sangat dibutuhkan untuk mempertahankan jaringan kolagen pada tulang, tetapi kelebihan protein tidak juga berarti membuat tulang lebih baik. Pada konsumsi berlebih, kalsium diekskresi oleh ginjal melebihi absorpsinya di saluran cerna, jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan tulang.

Penuhi asupan protein dalam jumlah cukup yakni 0,8-1 gr/KgBB setiap harinya. Sementara untuk wanita hamil, bayi, dan balita kebutuhan meningkat menjadi 1.5-2 gr/KgBB.

Sumber Protein bisa didapat dari daging, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, susu, gandum.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Apa Arti Peribahasa Air Susu Dibalas Air Tuba yang Disebut Pak Prabowo Subianto?

4. Mineral
Mineral tidak mengalami proses pencernaan melainkan praktis langsung diserap tubuh. Umumnya efisiensi penyerapan kalsium pada tubuh manusia 10-40%, untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari minimal 800mg kalsium harus dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Selain kalsium, mineral lainnya seperti Fosfor, Fluor, Magnesium dan Seng juga dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang.

Sumber Mineral dari kalsium (susu, ikan, keju), Fosfor (daging, ayam, ikan, susu dan olahannya), Fluor (air minum), Magnesium (sayuran hijau, serelia tumbuk, biji-bijian, coklat, daging dan susu), Seng (bahan makanan hewani laut).

BACA JUGA: Ujung Dunia Ada di Mana?

5. Vitamin D
Vitamin D sangat berperan sebagai katalisator pembentukan protein carrier yang menjadi "kendaraan" bagi kalsium dari lumen usus ke dalam sirkulasi darah. Vitamin D dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi penyerapan kalsium. Jika asupan kalsium tidak memadai maka kalsium tulang akan dimobilisasi untuk memenuhi keperluan kalsium dalam tubuh.

Selain vitamin D, beberapa vitamin juga diperlukan untuk kesehatan tulang seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang memiliki peran secara tidak langsung dalam proses pembentukan tulang yang kuat.

Sumber Vitamin D didapat dari hati, susu, telur, ikan, sereal, kedelai.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image