5 Nutrisi Agar Tulang Tetap Sehat dan Kuat

Trend  
Minum Susu. Salah satu sumber nutrisi untuk kesehatan tulang adalah susu. Rutin minum susu bisa menjaga agar tulang tetap sehat. Foto: Dok Republika
Minum Susu. Salah satu sumber nutrisi untuk kesehatan tulang adalah susu. Rutin minum susu bisa menjaga agar tulang tetap sehat. Foto: Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Tulang menjadi salah satu pondasi tubuh, sehingga perlu dijaga agar tetap sehat dan kuat. Apalagi bagi orang tua yang sudah berusia di atas 40 tahun, kesehatan tulang perlu dijaga dengan rutin mengonsumsi nutrisi yang baik untuk tulang.

Ada lima asupan nutrisi yang rutin dikonsumsi agar tulang tetap sehat dan kuat.

1. Kalsium
Spesialis gizi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Ekky M. Rahardja, MS, Sp.GK, menyebutkan, kebutuhan kalsium harus tercukupi sejak dini. Ia berkata, pembentukan tulang sangat pada masa masa kanak-kanan dan puncak massa tulang diperkirakan terjadi pada usia 30-an. Karena itu asupan kalsium harus dimulai sejak kanak-kanak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Sedangkan untuk orang dewasa yang telah melewati usia masa pengisian tulang, sebaiknya menjaga agar kebutuhan kalsium setiap harinya terpenuhi, jika perlu mengonsumsi suplemen," katanya seperti dinukil dari web resmi RS Mayapada.

Sumber Kalsium bisa didapat dari susu dan produk turunannya, sayuran hijau, kedelai, dan lain-lain.

BACA JUGA: Anak Menelan Koin atau Mainan, Ini 3 Langkah yang Perlu Dilakukan Orang Tua

2. Kalori
Tubuh memerlukan kalori untuk beraktivitas sehingga kekurangan kalori bisa menyebabkan aktivitas fisik berkurang dan memperbesar peluang terjadinya osteoporosis. Namun jangan juga sampai berlebih, karena bisa berdampak overweight dan risiko penyakit lain. Untuk itu perhatikan asupan kalori sehari-hari.

Perhatikan Indeks Massa Tubuh (IMT). Jika nilai normalnya (18,5 – 23) maka artinya masukan kalori dari makanan sehari-hari cukup. Sumber Kalori bisa didapat dari buah-buahan seperti pisang, alpukat, kurma, nasi, roti dan sumber karbohidrat lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image