Apa yang akan Terjadi Jika Bumi tak Punya Gaya Gravitasi?

Iptek  
Bumi. Ada beberapa hal yang akan terjadi jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi. Foto: Dok Republika
Bumi. Ada beberapa hal yang akan terjadi jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi. Foto: Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Bumi memiliki gaya grativikasi yang membuat semua benda yang dilemparkan ke langit akan kembali jatuh. Gravitasi yang membuat semua benda di bumi tetap berpijak ke tanah. Lalu bagaimana jika bumi tak memiliki gaya gravitasi, apa yang akan terjadi ya?

Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang memiliki massa di alam semesta. Jika tidak ada gravitasi di bumi seluruh benda yang ada di bumi, termasuk manusia akan melayang di udara tanpa menyentuh tanah. Keberadaan gravitasi membuat semua benda berpijak ke tanah.

Disadur dari buku bumi New Update Big Book IPA SD/MI Kelas 4, 5, 6, karya Vivi M. R., S.Pd (2022:226), ada beberapa manfaat gaya gravitasi bagi bumi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Apa yang akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

1. Semua Benda Berpijak di Bumi

Jika gravitasi hilang dari bumi, maka semua benda yang berada di bumi akan melayang. Karena keberadaan gravitasilah kita bisa tetap berpijak di tanah.

Gaya gravitasi juga membuat benda-benda di Bumi tetap pada posisinya secara stabil, tidak berhamburan maupun melayang di udara. Jadi, gaya gravitasi membuat manusia, hewan, dan tumbuhan dapat memijak tanah dan hidup dengan baik.

Pergerakan objek di bumi, bahkan planet yang mengitari bumi akan terpengaruh jika bumi tidak memiliki gaya gravitasi. Sebab kehilangan gaya gravitasi akan berpengaruh pada hilangnya gaya tarik menarik pada objek di bumi. Dengan begitu, objek akan melayang bebas di udara.

BACA JUGA: Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

2. Menjaga Posisi Bumi pada Porosnya

Gaya gravitasi bumi bermanfaat untuk menjaga bumi selalu berputar pada porosnya. Gravitasi bumi juga membuat bulan, satelit alami bumi tetap berada dalam orbitnya, dan membuat satelit buatan tetap dapat diluncurkan dan mengorbit Bumi. Seandainya tak memiliki gravitasi, maka Bumi akan bergerak bebas dan dapat membahayakan kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

Rotasi bumi akan terganggu jika bumi kehilangan gravitasi...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image