Apa yang akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

Iptek  
Bumi. Apa yang terjadi jika Bumi mendadak berhenti berputar? Foto: Dok Republika
Bumi. Apa yang terjadi jika Bumi mendadak berhenti berputar? Foto: Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Selama 24 jam, bumi yang kita tinggali tidak pernah berhenti berputar. Bumi berputar tak berubah sebagaimana cara Tata Surya terbentuk 4,6 miliar tahun silam. Namun Kids, pernahkah kamu membayangkan apa yang akan terjadi jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar?

Dinukil dari Sputniknews, Bumi membutuhkan 23 jam dan 56 menit untuk menyelesaikan rotasinya dan bergerak dengan kecepatan sekitar 1.100 mph, atau 460 meter per detik. Awan besar gas dan debu runtuh di bawah gravitasinya sendiri. Saat proses ini terjadi, awan mulai berputar dan Bumi mewarisi rotasi ini sampai detik ini dan tidak pernah berhenti berputar.

BACA JUGA: Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Para ilmuwan yakin Bumi berhenti berputar bisa terjadi dalam 18,5 miliar tahun. Agar kami bisa tergambar bagaimana mengerikannya jika bumi berhenti berputar, bayangkan seseorang duduk di dalam mobil, mengendarainya hingga 100 mil per jam dan kemudian menabrakkannya ke kendaraan lain tanpa mengenakan sabuk pengaman.

Sudah membayangkannya?

Begitulah yang akan terjadi pada setiap makhluk hidup ketika Bumi berhenti berputar. Ahli astrofisika AS Neil deGrasse Tyson memperkirakan jika Bumi berhenti berputar maka apa pun yang ada di Bumi akan terbang ke timur dengan kecepatan 460 meter per detik.

BACA JUGA: Apa Itu Planet dan Mengapa Pluto tak Bisa Disebut Planet?

Jika Bumi berhenti berputar dunia akan hancur...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image