Mengapa Air Laut Rasanya Asin, Apakah Gara-Gara Ikan Berkeringat? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Iptek  
Ikan berenang di laut. Mengapa air laut rasanya asin?
Ikan berenang di laut. Mengapa air laut rasanya asin?

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Sudah menjadi pengetahuan umum jika air laut rasanya asin. Namun, Kids, pernahkah muncul di benakmu alasan mengapa air laut bisa menjadi asin?

Air laut memiliki rasa asin didapatkan dari proses alami yang kompleks dengan melibatkan berbagai faktor termasuk curah hujan, aliran air tawar, penguapan, dan proses geologi. Kandungan garam dalam air laut berasal dari mineral yang terkikis dari perairan dan bahan organic yang terurai dari makhluk laut.

BACA JUGA: 4 Makanan Sehat dan Bergizi yang Bisa Jadi Bekal untuk Dibawa Anak ke Sekolah

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

Dinukil dari situs resmi Dinas Kebudayaan Pemprov Yogyakarta, alasan lain mengapa air laut asin adalah erosi batuan dan mineral di permukaan bumi. Batu akan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh hujan, paparan sinar matahari, dan kekuatan lingkungan lainnya sehingga meninggalkan mineral dan garam.

Garam dan mineral ini kemudian diangkut ke sungai yang akhirnya bermuara ke laut sehingga menyebabkan bertambahnya kandungan garam dalam air laut. Air laut memiliki ras asin juga karena reaksi kimia yang terjadi di dasar laut. Gas dan mineral panas yang meluap dari bawah kerak bumi melepaskan lebih banyak garam ke lautan.

Gas terlarut seperti karbondioksida dan metana yang dilepaskan dari lubang hidrotermal di dasar laut menjadikan air laut menjadi asin. Begitu juga dengan gunung berapi yang berada di bawah laut serta lubang hidrotermal dapat melepaskan garam ke laut.

BACA JUGA: Gara-Gara Orang Ini, Anak-Anak Sekolah Dapat PR (Pekerjaan Rumah) dari Guru

Namun setiap lautan memiliki tingkat keasinan yang berbeda. Kandungan garam air laut sangat penting bagi kesehatan ekosistem laut.

Banyak spesies ikan dan organisme yang beradaptasi untuk bertahan hidup pada tingkat salinitas tertentu, dan perubahan kandungan garam dapat berdampak signifikan pada kelangsungan hidup mereka. Salinitas merujuk pada jumlah garam dalam air.

Tingkat salinitas yang lebih tinggi akan menghasilkan air laut yang lebih asin. Faktor yang mempengaruhi salinitas air yaitu suhu, kedalaman air, dan lokasi.

BACA JUGA: Dana KJP Plus Cair untuk Siswa SD, SMP, SMA/SMK, Berapa Besarannya?

Salinitas air laut rata-rata adalah sekitar 35 bagian per seribu (ppt), yang berarti air laut mengandung sekitar 35 gram garam untuk setiap seribu gram air. Tetapi di daerah muara atau estuari salinitas air bisa jauh lebih rendah. (Maghfirah, 2018)

Namun salinitas atau tingkat keasinan air laut yang tinggi dapat berdampak buruk...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image