4 Makanan Sehat dan Bergizi yang Bisa Jadi Bekal untuk Dibawa Anak ke Sekolah

Sekolah  
Bekal anak. Membawa bekal punya banyak manfaat, salah satunya memunculkan kebiasaan mengkonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat. Foto: Republika.
Bekal anak. Membawa bekal punya banyak manfaat, salah satunya memunculkan kebiasaan mengkonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat. Foto: Republika.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids ... Tahukah Kids, setiap 12 April ada Hari Bekal Nasional yang diperingati sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan gizi dan kualitas makanan yang baik. Selain itu ternyata kebiasaan membawa bekal dari rumah dapat meminimalisir meningkatnya PTM (Penyakit Tidak Menular).

Kementerian Kesehatan RI pun merekomendasikan pemenuhan gizi seimbang melalui program “Isi Piringku”. Agar bekal yang yang dibawa berkualitas tentu saja perlu memperhatikan jumlah asupan yang dibutuhkan oleh tubuh seperti komposisi karbohidrat, protein, dan lemak.

Tak hanya orang tua yang perlu membawa bekal dari rumah untuk dibawa ke kantor. Pemenuhan akan kebutuhan asupan gizi dalam bekal makan untuk anak-anak juga perlu diperhatikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bekal makan dapat diisi dengan makanan pokok, sayuran, lauk pauk, dan buah-buahan. Berikut ada beberapa jenis bekal makanan yang bisa dibawa anak-anak ke sekolah, atau orang tua di kantor, seperti dinukil dari situs Kementerian Kesehatan.

1. Makanan Pokok

Tak hanya nasi, Indonesia punya banyak jenis makanan pokok yang mengandung karbohidrat dan memiliki fungsi sebagai sumber tenaga utama bagi tubuh. Ada berbagai pilihan selain nasi sebagai sumber karbohidrat dan menjadi referensi untuk bekal antara lain, singkong, sagu, bihun, mi, jagung dan kentang. Sebagai acuan, 150g nasi dapat diganti dengan 3 buah sedang kentang (300g), atau 11/2 gelas mie kering (75g).

2. Lauk Pauk

Lauk pauk terdiri dari pangan bersumber protein hewani dan protein nabati. Beberapa sumber protein yang dapat menjadi referensi untuk bekal antara lain Ikan dan hasil laut lainnya, ayam, daging sapi, telur, dan susu beserta produk olahannya. Selain sumber protein hewani terdapat pula sumber protein nabati yang cocok untuk dijadikan bekal sehat kita seperi tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

3. Buah

Buah sebagai sumber vitamin dan mineral punya banyak manfaat bagi tubuh. Buah bermanfaat mencegah penyakit jantung dan mencegah serangan jerusakan hati dan stroke.

Selain itu buah juga dapat dijadikan sebagai diet alami yang dapat mencegah kolesterol jahat yang dapat menyerang tubuh. Buah juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh kita.

Karena itu, menyertakan buah dalam bekal yang dibawa anak-anak atau orang tua, menjadi pilihan bijaksana.

4. Sayur

Selain buah-buahan, di dalam bekal makanan sebaiknya ada sayur yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Cara hidup yang sederhana adalah dengan mengkonsumsi sayuran.

Dengan membawa bekal yang memiliki gizi seimbang, akan memunculkan kebiasaan mengkonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat dibandingkan harus jajan di luar. Selain itu membawa bekal juga dapat menjamin makanan tetap higeinis.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image