Berapa Derajat Panas Suhu Matahari?

Iptek  
Panas Matahari. Suhu panas matahari mencapai 15 juta derajat celsius. Foto: Republika
Panas Matahari. Suhu panas matahari mencapai 15 juta derajat celsius. Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Pernahkah kamu bertanya berapa derajat panas suhu matahari? Jika sinar matahari yang sampai ke sejumlah bagian bumi saja bisa mencapai 50 derajat lebih, berapa panas suhu matahari yang sebenarnya?

NASA dalam laman resminya menjelaskan, Matahari adalah pusat tata surya yang merupakan bintang berupa bola gas panas bercahaya yang berusia 4,5 miliar tahun yang berjarak sekitar 150 juta kilometer dari Bumi.

Matahari merupakan objek terbesar di tata surya dengan volume sekitar 1,3 juta kali dari Bumi. Gravitasi Matahari menyatukan tata surya serta menjaga segala sesuatu mulai dari planet terbesar hingga puing-puing terkecil di orbit sekitarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

Suhu Matahari bervariasi untuk setiap lapisannya. Bagian terpanas dari Matahari adalah intinya, dengan suhu mencapai 15 juta derajat celsius.

Dinukil dari Space.com, matahari yang terbuat dari gas dan plasma sebagian besar atau sekitar 92 persen gas adalah hidrogen. Hidrogen di inti matahari disatukan oleh banyak gravitasi sehingga menghasilkan tekanan yang sangat tinggi, sehingga ketika atom hidrogen bertabrakan dengan kekuatan yang cukup kuat, mereka menciptakan unsur baru (helium) dalam proses yang disebut fusi nuklir.

Fusi nuklir yang terus-menerus membuat energi menumpuk sehingga inti matahari mencapai suhu sekitar 15 juta derajat censius. Energi itu lalu memancar keluar ke permukaan matahari, atmosfer, dan seterusnya.

BACA JUGA: Apa yang akan Terjadi Jika Bumi tak Punya Gaya Gravitasi?

Sementara suhu di luar inti atau zona radiasi berkisar dari 7 juta derajat celsius untuk bagian terdekat dengan inti dan 2 juta derajat celsius di zona radiasi luar. Tak ditemukan konveksi termal yang terjadi pada lapisan ini.

Panas ditransfer lewat radiasi termal di mana hidrogen dan helium memancarkan foton yang menempuh jarak pendek sebelum diserap kembali oleh ion lain. Dibutuhkan partikel cahaya (foton) ribuan tahun untuk bergerak melalui lapisan ini sebelum mencapai permukaan matahari.

Di luar zona radiasi adalah zona konvektif matahari yang membentang sejauh 200.000 kilometer. Suhu di zona konveksi sekitar 2 juta derajat celsius dan plasma di lapisan ini bergerak dalam gerakan konvektif. Jika diilustrasikan seperti air mendidih di mana gelembung plasma panas mengangkut panas ke permukaan matahari.

BACA JUGA: Apa yang akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image