Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Guru Dapat Jatah 419.146 Formasi

Sekolah  

 Ilustrasi Guru PNS. Pemerintah membuka rekrutmen CPNS 2024 sebanyak 2,3
Ilustrasi Guru PNS. Pemerintah membuka rekrutmen CPNS 2024 sebanyak 2,3

Formasi Fresh Graduate

Pemerintah memberi alokasi cukup besar bagi fresh graduate dalam seleksi CPNS dan PPPK 2024. Fresh graduate bisa melamar formasi dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital, dan banyak sektor penting lainnya. Aba pun mengingatkan kembali mengingatkan instansi pusat dan daerah agar mengajukan formasi sesuai kebutuhan.

"Kita dorong agar instansi pemerintah baik pusat maupun daerah memanfaatkan alokasi formasi sesuai kebutuhan agar reformasi birokrasi berdampak bisa terwujud secara optimal melalui peran SDM," kata Aba.

Tahapan awal jadwal seleksi CPNS 2024 dan PPPK 2024 ialah pengusulan kebutuhan ASN oleh instansi. Pengusulan kebutuhan CPNS dan PPPK 2024 dijadwalkan akan dibuka sampai dengan 31 Januari 2024.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Gempa Sumedang Rusak 66 Gedung Sekolah, Murid Terpaksa Belajar Bergantian

Ia menjelaskan, pengusulan kebutuhan CPNS 2024 dan PPPK harus disampaikan kepada Kementerian PANRB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi). Jadwal pelaksanaan rekrutmen CASN 2024, direncanakan akan digelar dan jika memungkinkan dapat dilakukan paling banyak tiga kali dalam satu tahun.

Tahap pertama pelaksanaan rekrutmen CASN 2024 yang terdiri dari seleksi CPNS dan PPPK, dilaksanakan pada Mei 2024. Untuk tahap pertama diharapkan semua K/L/D dapat memasukkan data dalam platform digital.

"Ini ditargetkan nanti bulan Mei sudah dilakukan tes, dan jika belum, masih kosong lagi, masih bisa tes di berikutnya," kata Aba.

BACA JUGA: Modal Rp40 Juta, Siswa MAN 2 Bandar Lampung Konversi Vespa 2 Tak Jadi Motor Listrik

Pemerintah juga menekankan pentingnya tahapan verifikasi dan validasi tenaga non-ASN atau honorer. Tahapan ini diharapkan bisa menutup peluang honorer bodong diangkat jadi ASN PPPK. Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN memang tegas mengamanatkan tahapan pengangkatan honorer jadi PPPK harus diawali dengan proses validasi dan verifikasi.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image