Hewan-Hewan di Ragunan Juga Punya Hari Libur, Ngapain Saja Para Satwa Saat TMR Tutup?

Piknik  
Ragunan. Jerapah di Taman Margasatwa Ragunan saat sedang libur diberi makan oleh perawat. Foto: Republika.
Ragunan. Jerapah di Taman Margasatwa Ragunan saat sedang libur diberi makan oleh perawat. Foto: Republika.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids ... Ada yang pernah berlibur ke Taman Margasatwa Ragunan? Tahukah Kids, ternyata hewan-hewan di TMR juga punya hari libur lho yang berguna untuk menjaga kesehatan mereka.

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan memastikan kesehatan satwa tetap terjaga. Pengelola TMR menetapkan jadwal libur satwa setiap hari Senin. Namun, pada libur Nataru 2023, libur satwa yang mestinya Senin (1/1/2024) ditunda menjadi Selasa (2/1/2024).

BACA JUGA: Jalan-Jalan ke Bali Jangan Lupa Wisata Edukasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang menyampaikan pengelola memastikan kesehatan satwa itu dengan memberikan vitamin penguat daya tahan tubuh hewan. "Kami biasanya tambahkan vitamin supaya daya tahan tubuh hewan-hewan lebih kuat," kata Bambang, sapaan akrab Wahyudi Bambang kepada wartawan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa.

Setiap perawat hewan di Ragunan, kata dia, senantiasa memperhatikan perilaku satwa yang ada di kebun binatang tersebut. Apabila ada satwa yang terlihat tidak sehat, perawat akan segera berkoordinasi dengan tim medis untuk mengambil penanganan kesehatan satwa lebih lanjut.

BACA JUGA: Bagaimana Kehidupan di Penjara Anak?

"Keeper atau perawat satwa selalu memperhatikan perubahan perilaku seluruh satwa. Apabila satwanya kelihatan kurang sehat, (mereka) langsung berkoordinasi dengan tim medis dari Ragunan," jelasnya.

Bambang menjelaskan penundaan libur satwa diperbolehkan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2014 tentang Hari Libur bagi Satwa pada Taman Margasatwa Ragunan. "Memang sesuai ketentuan kalau libur satwa berada di tengah hari libur nasional, libur satwa kami undur," kata dia.

BACA JUGA: KJP Plus untuk 492 Siswa Dihentikan karena Langgar Aturan, Termasuk Gara-Gara Siswa Terlibat Tawuran

Bambang juga mengingatkan masyarakat untuk memantau akun Instagram resmi Taman Margasatwa Ragunan bernama pengguna "ragunanzoo" untuk mendapatkan beragam informasi terbaru tentang kebun binatang tersebut terutama di tengah libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mulai dari waktu libur satwa hingga berbagai atraksi satwa yang akan digelar. "Setiap ada 'update' pemberitaan akan dibagikan di Instagram Ragunan," ucap dia.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image