Apa yang akan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar?

Iptek  

Bumi. Apa yang terjadi jika Bumi mendadak berhenti berputar? Foto: Dok Republika
Bumi. Apa yang terjadi jika Bumi mendadak berhenti berputar? Foto: Dok Republika

Jika Bumi Berhenti Berputar Dunia akan Hancur

Menurut sebuah "eksperimen pikiran", yang dilakukan James Zimbelman, seorang ahli geologi senior emeritus di Smithsonian's National Air and Space Museum di Washington DC, Bumi yang berhenti bergerak akan mempengaruhi atmosfer. Peristiwa itu bisa menciptakan angin yang sangat kuat, yang akan diikuti oleh tsunami besar.

"Ini hanya sebuah eksperimen pemikiran," kata James Zimbelman, ahli geologi senior emeritus di Smithsonian's National Air and Space Museum di Washington, dikutip Live Science.

BACA JUGA: How many javanese tigers are left, is it extinct?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, jika Bumi berhenti mendadak akan meratakan tonjolan di ekuator, yang akan menyebabkan samudra dan lautan bermigrasi ke kutub yang merupakan wilayah di mana gravitasi paling kuat. Akibatnya, Bumi akan memiliki dua samudra super, satu di Utara dan satu di Selatan, dengan benua raksasa di tengahnya.

Sehari penuh akan berlangsung sepanjang tahun dengan penduduk bumi melihat Matahari selama enam bulan berturut-turut. Enam bulan sisanya manusia hidup dalam kegelapan.

BACA JUGA: Why is the sky blue?

Selain itu, Medan magnet akan hilang. Perlahan-lahan akan memudar dan meninggalkan planet kita tanpa perlindungan terhadap angin matahari, sinar kosmik yang mematikan, dan radiasi, yang akan membunuh semua kehidupan di planet kita.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image