Apa Itu Planet dan Mengapa Pluto tak Bisa Disebut Planet?

Iptek  

 Planet di Tata Surya Bimasakti. Pluto tak bisa disebut sebagai planet karena tidak memenuhi syarat. Foto: Dok Republika
Planet di Tata Surya Bimasakti. Pluto tak bisa disebut sebagai planet karena tidak memenuhi syarat. Foto: Dok Republika

Pluto Bukan Planet

Ribuan tahun sebelum ditemukannya internet atau Super Mario Kart, orang-orang menghibur diri dengan mengintip ke langit malam yang disebut konstelasi bintang. Mereka menghubungkan bintang-bintang sehingga membentuk sebuah gambar hewan, benda, hingga pahlawan legendaris.

Namun para pengamat bintang kuno ini memperhatikan beberapa bintang tidak bekerja sama dengan konstelasi. Bola cahaya aneh mengikuti jalurnya sendiri melintasi langit malam, sehingga orang Yunani kuno menyebutnya “planetes”, yang berarti pengembara.

Pada tahun 1930, sembilan planet telah ditemukan: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Namun Pluto resmi dikeluarkan dari jajaran Tata Surya oleh International Astronomical Union (IAU) pada 24 Agustus 2006. Dihapusnya Pluto dalam deretan sembilan planet ini karena Pluto tidak mampu membersihkan lingkungan orbitnya dalam ruang hampa. Karena itu Pluto akhirnya kehilangan predikatnya sebagai planet terkecil dalam tata surya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Why is seawater salty?

Tapi apa sebenarnya planet itu? Sepertinya pertanyaan yang mudah. Lagi pula, kamu saat membaca artikel ini sedang berdiri di atasnya sekarang! Yup, kamu sedang berdiri di atas bumi.

Namun memang definisi ilmiah soal planet masih bisa berubah-ubah hingga saat ini. Penemuan “planet pengembara” lain di tata surya yang ukurannya menyaingi Pluto tiba-tiba membuat para ilmuwan bertanya-tanya apa benda luar angkasa yang tidak bisa disebut sebagai planet.

BACA JUGA: Lebih Dulu Mana Ayam atau Telur?

Akhirnya pada 2006 para ilmuwan menentukan tiga syarat sebuah benda luar angkasa bisa disebut sebagai planet. Pertama sebuah planet harus mengorbit matahari, kedua ukuran planet harus cukup besar sehingga gravitasinya sendiri yang membentuknya menjadi bentuk bola.

Dan syarat ketiga sebuah planet harus memiliki orbit yang bebas dari benda-benda kecil lainnya. Sayangnya bagi Pluto, “planet kesembilan” gagal memenuhi syarat ketiga sehingga statusnya sebagai planet dihapus.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image