Psikolog Ungkap Risiko Mengerikan Masukkan Anak Balita ke Sekolah

Sekolah  
Anak Balita. Anak balita tidak disarankan untuk dimasukkan ke sekolah. Foto: Dok Republika
Anak Balita. Anak balita tidak disarankan untuk dimasukkan ke sekolah. Foto: Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Banyak orang tua yang memasukkan anak-anaknya yang baru berusia 2 tahun ke sekolah. Tujuannya mungkin baik yaitu melatih kemampuan dan bakat. Padahal, ada risiko mengerikan yang harus orang tua waspadai jika memaksakan anak usia 2 tahun atau di bawah lima tahun untuk menimba ilmu di sekolah.

Psikolog dan psikoterapis Henny E. Wirawan M.Hum. (MWS) mengungkapkan memasukkan anak ke sekolah pada usia dini akan memengaruhi sisi psikis dan perkembangannya. Ia berkata, jika anak tersebut memiliki bakat atau kemampuan yang harus disalurkan dengan benar, hasilnya memang akan baik. Namun, kalau anak itu biasanya saja malah akan membuatnya malas ke sekolah di kemudian hari.

"Kalau anak tersebut kemampuannya biasa atau malah agak susah belajar, itu akan membuatnya merasa sengsara ke sekolah. Nanti saat sudah waktunya tiba untuk sekolah, dia akan jenuh," ujar Henny saat berbincang dalam acara "So Klin Bright is You" di Jakarta seperti dinkil dari Republika.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Hari Ibu: Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua (Ibu dan Bapak): Arab, Latin, dan Terjemahan

Ia mengaku menemukan ada anak kelas 7 yang sudah tidak mau ke sekolah karena kesempatan bermainnya ketika masih kecil tidak ada. "Maka ketika dia dikasih gadget, mereka memilih gadget daripada sekolah. Malah anak sekarang milih jadi Youtuber. Pemerintah juga sekarang menyarankan agar usia anak masuk SD itu 7 tahun," ucap Henny.

Memasukkan anak ke sekolah di usia dini juga akan memengaruhi perkembangan fisiknya. Menurut dia, anak di bawah umur 5 tahun harus banyak melakukan aktivitas fisik dibandingkan harus duduk diam di kelas.

BACA JUGA: IDAI: MPASI Camilan Anak Jangan Sekadar Enak, Tapi Harus Sehat dan Penuhi Nutrisi Anak

"Tumbuh kembang secara fisik juga berpengaruh. Kalau di sekolah cuma diam. Anak sekarang banyak yang kinestetik (tidak bisa diam dalam waktu lama) karena kelebihan energi. Kalau dia dapat guru yang konvensional atau kuno, anak seperti ini akan dianggap nakal karena tidak bisa diam. Padahal dia memang menyerap ilmu dengan seperti itu," papar Henny.

Saat ini banyak sekolah khususnya Taman Kanak-Kanak (TK) yang memaksa muridnya belajar baca dan tulis. Belum lagi, Sekolah Dasar (SD) yang mewajibkan siswa kelas 1 sudah bisa baca, tulis dan berhitung.

"Itu banyak yang salah. TK kan Taman Kanak-Kanak, kalau di zaman saya dulu namanya malah Taman Bermain. Karena mereka memang harusnya belajar sambil bermain. Kalau pegang pensil saja, masih kayak orang mau nonjok masa sudah harus bisa menulis. Ajarkan dulu bagaimana mereka melenturkan tangannya," tutup Henny.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image