Heboh Video Harimau Jawa Muncul di Wonogiri, Benarkah Raja Rimba Masih Lestari?

Iptek  

Harimau Jawa. Sejumlah peneliti meyakini harimau jawa masih ada.
Harimau Jawa. Sejumlah peneliti meyakini harimau jawa masih ada.

Mencari Keberadaan Harimau Jawa

Keberadaan harimau jawa masih misterius walau secara resmi harimau jawa sudah dinyatakan punah pada 1980. Peneliti harimau jawa, Didik Raharyono, dikabarkan terus mengumpulkan bukti harimau jawa belum punah.

Pegiat Organisasi Peduli Karnivora Jawa (PKJ) terus memperjuangkan untuk membuktikan harimau jawa masih ada yang hidup. Didik dikabarkan telah melakukan penelitian mandiri untuk mengumpulkan bukti-bukti tersebut, yakni dengan menjelajahi hutan di Pulau Jawa hingga taman nasional.

Pegiat lingkungan yang kini tinggal di Kabupaten Kuningan itu masih memperjuangkan upaya menemukan karnivora besar yang merupakan sub spesies dari harimau sunda itu. Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) secara ilmiah telah dinyatakan punah sejak 1980-an. International Union for Conservation of Nature (IUCN) and Natural Resources Red List menyatakan statusnya "extinct" atau punah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayangnya pegiat konservasi satwa liar Indonesia, Tony Sumampau, meragukan kepercayaan sejumlah masyarakat tentang masih adanya habitat untuk satwa harimau jawa. Keyakinan itu lantaran tidak ada lagi habitat untuk harimau jawa hidup saat ini.

"Kalau menurut saya, tidak ada lagi habitat untuk harimau dapat hidup di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasawta yang dapat menampung harimau jawa kalau memang benar harimau jawa masih ada," kata Tony yang juga koordinator imum Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) di Bogor, Jawa Barat, Senin (13/11/2023), seperti dinukil dari Republika.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image