Ikan Pari Jawa Dinyatakan Punah, Penyebabnya karena Ulah Manusia

Iptek  
Ikan pari jawa. Ikan pari jawa dinyatakan punah oleh ilmuwan internasional. Foto: Tangkapan Layar.
Ikan pari jawa. Ikan pari jawa dinyatakan punah oleh ilmuwan internasional. Foto: Tangkapan Layar.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Sejumlah ilmuwan menyatakan spesies ikan pari langka, ikan pari jawa dinyatakan punah. Keberadaan ikan pari jawa atau Ikan Stingaree Jawa merupakan spesies ikan laut pertama yang dinyatakan punah akibat ulah manusia.

Ikan pari Jawa resmi dinyatakan punah, menurut Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) saat KTT iklim COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). "Hilangnya salah satu kerabat ikan pari menandai kepunahan pertama spesies ikan laut akibat aktivitas manusia," kepala Unit Daftar Merah IUCN, Craig Hilton-Taylor, mengatakan pada Radio Free Asia.

Kepunahan ikan pari jawa resmi diumumkan usai dilakukan penilaian oleh tim internasional yang dipimpin oleh Universitas Charles Darwin, Australia. Keberadaan ikan pari jawa sangat langka dan hanya pernah tercatat satu kali pada akhir tahun 1800-an.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pari jawa (nama ilmiah: Urolophus javanicus) adalah spesies ikan pari dalam famili Urolophidae. Spesies ini hanya diketahui dari satu spesimen ikan betina sepanjang 33 cm (13 inci) yang ditangkap di Jakarta, Indonesia.

BACA JUGA: Padahal Musim Hujan, Mengapa Cuaca Kembali Panas Menyengat? Ternyata Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Ciri ikan ini adalah cakram sirip dada berbentuk lonjong yang lebih panjang dari lebarnya, serta ekor dengan sirip punggung di depan tulang penyengat dan sirip ekornya. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat dengan bintik-bintik yang lebih gelap dan lebih terang.

Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) telah memasukkan pari jawa ke dalam kategori punah karena keberadaannya belum pernah dilaporkan lagi sejak ditemukan lebih dari 150 tahun yang lalu. Semua itu terjadi karena habitatnya mengalami degradasi dan penangkapan ikan besar-besaran.

BACA JUGA: Mengapa Langit Berwarna Biru dan Saat Senja Berubah Menjadi Jingga?

Ikan pari bersama puluhan ribu spesies yang masuk kategori punah...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image