Lebih Dulu Mana Ayam atau Telur?

Iptek  

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, burung tidak muncul dalam catatan fosil dari pertengahan hingga akhir Jurassic, sekitar 165 juta hingga 150 juta tahun yang lalu. Namun para ilmuwan di Pusat Keanekaragaman Hayati University of Texas memperkirakan telur bercangkang pertama berevolusi jauh sebelum itu, sekitar 325 juta tahun yang lalu.

Artinya, telur datang jauh sebelum ayam. Koen Stein menyebut telur pertama kemungkinan lunak dengan tekstur kasar seperti telur yang dilahirkan oleh reptil dan platipus saat ini.

Namun jika bicara tentang telur ayam pertama ceritanya berubah. Menurut studi berjudul 'The biocultural origins and dispersal of domestic chickens' yang terbit 2022 di jurnal Prosiding National Academy of Sciences, manusia yang tinggal di Asia Tenggara pertama kali menjinakkan unggas ini antara 1650 Sebelum Masehi (SM) dan 1250 SM.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selama prose domestikasi alias penjinakan, nenek moyang terakhir dari ayam modern akan bertelur yang mengandung embrio. Namun telur tersebut mengalami perbedaan genetik yang cukup untuk membuatnya berbeda dari spesies induknya.

Embrio ayam ini akan berkembang dalam telur yang bukan ayam sebelum menetas. Setelah dewasa si nenek moyang ayam ini akan bertelur ayam pertama. Alur ini membuat ayam bisa dikatakan mendahului telur.

Lantas siapa yang benar? Telur atau ayam yang lebih dulu ada?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image