Lebih Dulu Mana Ayam atau Telur?

Iptek  
Ayam dan telur. Pertanyaan lebih dulu mana atau telur yang hadir hingga kini masih menjadi misteri. Foto; Dok Republika
Ayam dan telur. Pertanyaan lebih dulu mana atau telur yang hadir hingga kini masih menjadi misteri. Foto; Dok Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Mungkin kamu pernah mendegar pertanyaan, lebih dulu mana yang ada di dunia ini, ayam atau telur ayam? Pertanyaan itu pun memunculkan perdebadan yang tak berkesudahan.

Jika dijawab lebih dulu ayam, ayam berasal dari telur. Sementara jika dijawab telur, telur berasal dari ayam. Jadi pertanyaan dan jawabannya pun tidak berkesudahan.

Namun sebagian besar ahli biologi menyatakan telur hadir lebih dulu. Hal itu merujuk kepada konsep dasar yaitu telur hanyalah sel kelamin wanita.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sedangkan dari sudut pandang evolusi, telur yang dikenal manusia saat ini memiliki kulit keras atau telur ketuban (amniotic) adalah sebuah terobosan pada evolusi dunia hewan. "Telur adalah langkah penting dalam evolusi [vertebrata], karena memungkinkan amnion untuk pergi semakin jauh dari air," kata Koen Stein, ahli paleontologi di Institut Ilmu Pengetahuan Alam Kerajaan Belgia, seperti dikutip dari LiveScience.

BACA JUGA: Mengapa Ayam tak Bisa Terbang Seperti Burung, Padahal Sama-Sama Punya Sayap

Sebelum bercangkang keras itu ada, vertebrata harus bergantung pada lingkungan perairan untuk bereproduksi. Para amfibi yang menghadapi keterbatasan tersebut perlu menjaga agar telur tetap lembab supaya dapat bertahan hidup.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image