Dokter Anak Ungkap Cara Tepat Usir Demam pada Anak, tak Semua Demam Perlu Antibiotik

Trend  
Anak Demam. Orang tua perlu mengetahui ciri-ciri anak demam karena bakteri atau virus agar tak salah penanganannya. Foto: Dok Republika.
Anak Demam. Orang tua perlu mengetahui ciri-ciri anak demam karena bakteri atau virus agar tak salah penanganannya. Foto: Dok Republika.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Memasuki musim hujan anak-anak rentan terserang virus dan penyakit, salah satunya demam. Biasanya orang tua akan memberikan obat-obatan yang mengandung antibiotik untuk mengusir demam pada anak. Padahal menurut pakar kesehatan anak dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, dokter Mulya Rahma Karyanti, SpA(K), M.Sc, tak semua demam memerlukan antibiotik.

Dokter Karyanti menjelaskan, sebagian besar penyebab seperti radang tenggorokan sebanyak 80 persen karena virus. Karena itu, dr Karyanti menyarankan pasien dibawa ke fasilitas kesehatan apabila demam tak kunjung membaik setelah tiga hari.

"Nantinya, dokter mungkin akan meminta pasien menjalani pemeriksaan seperti tes darah untuk melihat jumlah leukosit atau sel darah putih," kata dia dalam acara yang diadakan RSCM – ILUNI FKUI secara daring, Selasa (28/11/2023).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

BACA JUGA: Tips Memilih Pakaian Agar Anak-Anak Tetap Hangat di Musim Hujan

Ia menjelaskan, apabila jumlahnya naik menjadi di atas 15 ribu maka kemungkinan penyakit disebabkan bakteri sehingga memerlukan antibiotik. "Tanda-tanda yang perlu diawasi adalah kalau memang demam, batuk, pilek ingus sudah mulai hijau hati-hati takutnya ada infeksi bakteri, atau dari BAB berdarah, ada lendir, kemungkinan besar ke arah bakteri," ucap dr Karyanti.

Kenali juga ciri-ciri demam pada anak karena bakteri...

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image