Apa Arti Warna Merah dan Putih di Bendera Indonesia dan Siapa yang Pertama Kali Menjahitnya?

Sekolah  
Bendera Merah Putih. Istri Presiden Soekarno, Ibu Fatmawati adalah sosok penjahit bendera merah putih pertama. Foto: Republika
Bendera Merah Putih. Istri Presiden Soekarno, Ibu Fatmawati adalah sosok penjahit bendera merah putih pertama. Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Dalam pelajaran sejarah ada pertanyaan siapa yang pertama kali menjahit bendera merah putih yang digunakan dalam upacara usai kemerdekaan? Jawabannya adalah Ibu Fatmawati, istri Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Dalam catatan sejarah, Fatmawati ikut membantu persiapan Proklamasi Kemerdekaan RI. Seperti disadur dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbut), Fatmawati menjahit bendera merah putih beberapa hari sebelum pembacaan Proklamasi Kemerdekaan.

Pada 12 September 1944 Bung Karno memimpin sidang tidak resmi untuk membahas pengaturan pemakaian bendera dan lagu kebangsaan yang sama di seluruh Indonesia. Sidang itu menghasilkan pembentukan panitia bendera kebangsaan merah putih dan panitia lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

.

Setelah hasil rapat ditentukan, panitia bendera kebangsaan merah putih menggunakan warna merah dan warna putih sebagai simbol negara. Warna merah dan putih dipilih bukan tanpa alasan.

Merah artinya berani yang juga melambangkan warna dasar tubuh tubuh manusia, yang dialiri darah sejak lahir. Sementara, warna putih maknanya adalah kesucian, yang menggambarkan warna roh manusia yang bersih.

BACA JUGA: Cemas Anak Download Aplikasi tak Pantas? Google Tawarkan Cara Agar Orang Tua Tahu Isi HP Anaknya

Atas permintaan Soekarno kepada Shimizu, kepala barisan propaganda Jepang (Sendenbu), Chaerul Basri diperintahkan mengambil kain dari gudang di Jalan Pintu Air. Fatmawati lalu menjahit bendera merah putih dari kain yang diberikan Chaerul Basri. Bendera merah putih yang dijahit Fatmawati terbuat dari bahan katun Jepang berukuran 276 x 200 cm.

Bendera kemudian dikibarkan saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56 (kini Jalan Proklamasi), Jakarta. Pengibaran Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih itu dilakukan Latief Hendraningrat dan Suhud.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image