Berapa Lama Cahaya Matahari Sampai ke Bumi?

Iptek  

Sinar Matahari. Sinar matahari yang sampai ke bumi ternyata berasal dari masa lalu.
Sinar Matahari. Sinar matahari yang sampai ke bumi ternyata berasal dari masa lalu.

Sinar Matahari

Bumi mendapatkan sinar matahari setiap hari. Namun tahukah kamu Kids, sinar matahari yang sampai ke bumi ternyata berasal dari masa lalu.

Sinar matahari yang sampai di bumi berasal dari masa lalu karena diperlukan waktu delapan menit 20 detik cahaya meninggalkan matahari dan sampai di bumi. Namun waktu itu terbilang singkat, karena cahaya bintang terdekat dari bumi selain matahari, Proxima Centauri, membutuhkan waktu lebih dari empat tahun untuk mencapai bumi.

Aliran partikel yang disebut "angin matahari" mengubah cuaca di luar angkasa. Terkadang partikel-partikel ini meledak dari bintik matahari. Bintik matahari adalah daerah yang lebih dingin di permukaan matahari. Ledakan-ledakan partikel tersebut disebut “kobaran api matahari” yang berpengaruh kepada cuaca di bumi dan bisa mematikan listrik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fakta terakhir, matahari mengatur tata suryanya sendiri. Namun banyak bintang yang berbagi sistemnya dengan bintang kedua atau ketiga.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image