Apakah Harimau Jawa Masih Ada yang Hidup?

Iptek  
Harimau Jawa. Sejumlah peneliti meyakini harimau jawa masih ada.
Harimau Jawa. Sejumlah peneliti meyakini harimau jawa masih ada.

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids.... Keberadaan harimau jawa masih misterius. Meski secara resmi harimau jawa sudah dinyatakan punah pada 1980, tetapi dipercaya banyak orang mereka masih ada.

Peneliti harimau jawa, Didik Raharyono, dikabarkan terus mengumpulkan bukti bahwa harimau jawa belum punah, meski status satwa tersebut sudah diumumkan sejak tahun 1980-an. Pegiat Organisasi Peduli Karnivora Jawa (PKJ) terus memperjuangkan untuk membuktikan bahwa harimau jawa belum punah.

Didik dikabarkan telah melakukan penelitian mandiri untuk mengumpulkan bukti-bukti tersebut, yakni dengan menjelajahi hutan di Pulau Jawa hingga taman nasional. Pegiat lingkungan yang kini tinggal di Kabupaten Kuningan itu masih memperjuangkan upaya menemukan karnivora besar yang merupakan sub spesies dari harimau sunda itu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Harimau jawa (Panthera tigris sondaica) secara ilmiah telah dinyatakan punah sejak 1980-an. International Union for Conservation of Nature (IUCN) and Natural Resources Red List menyatakan statusnya "extinct" atau punah.

Sayangnya pegiat konservasi satwa liar Indonesia, Tony Sumampau, meragukan kepercayaan sejumlah masyarakat tentang masih adanya habitat untuk satwa harimau jawa (Panthera tigris sondaica). "Kalau menurut saya, tidak ada lagi habitat untuk harimau dapat hidup di taman nasional, cagar alam, atau suaka margasawta yang dapat menampung harimau jawa kalau memang benar harimau jawa masih ada," kata Tony yang juga koordinator imum Forum Konservasi Satwa Liar Indonesia (Foksi) di Bogor, Jawa Barat, Senin (13/11/2023), seperti dinukil dari Republika.

Tony menyebut jika pendapat jika pendapat beberapa kalangan yang masih meyakini keberadaan harimau jawa itu benar, maka pasti sering terjadi konflik dengan manusia. Penampakan harimau jawa pun akan kerap terlihat.

"Mana ada lagi hutan yang tidak ada manusianya di Jawa," kata Tony yang juga komisaris Taman Safari Indonesia (TSI).

Tony mengatakan yang jelas keberadaannya masih ada hingga kini adalah macan tutul jawa (Panthera pardus melas). Ia menjelaskan macan tutul jawa merupakan subspesies macan tutul yang sebarannya sangat terbatas, hanya di Pulau Jawa. Macan tutul jawa hidup di Jawa Barat, Kangean, Nusa Kambangan, dan Pulau Sempu.

Sementara itu, harimau jawa merupakan karnivor terbesar yang pernah hidup di Pulau Jawa. Jenis ini dulunya terpantau di Jampang Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon, Gunung Pangrango, Yogyakarta, Probolinggo, Blitar, Banyuwangi, Tulungagung, hingga Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image