Hari Ini, 28 November Anak-Anak Indonesia Peringati Hari Dogeng Nasional, Ada Peran Pak Raden

Trend  
 Hari Dongeng Nasional dan Pak Raden. Drs Suyadi pencipta tokoh Si Unyil menjadi pendongeng Indonesia yang tanggal lahirnya diabadikan menjadi Hari Dongeng Nasional. Foto: Republika
Hari Dongeng Nasional dan Pak Raden. Drs Suyadi pencipta tokoh Si Unyil menjadi pendongeng Indonesia yang tanggal lahirnya diabadikan menjadi Hari Dongeng Nasional. Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids ... Hari ini, 28 November 2023 diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional. Peringatan ini pertama kali dideklasarikan Kementeri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 28 November 2015 atau bertepatan dengan hari lahirnya legenda dongeng Indonesia, Drs Suyadi atau yang akrab disapa Pak Raden.

Pak Raden adalah salah satu karakter dalam cerita Si Unyil. Pak Raden yang diperankan Drs Suyadi sendiri digambarkan sebagai seorang bapak-bapak dari suku Jawa yang selalu mengenakan beskap atau pakaian adat Jawa lengkap dengan blankonnya.

Yang paling ikonik dari penampilan Pak Raden adalah beliau selalu memakai kumis dan alis yang tebal. Sehingga karakter ini ditakuti sekaligus ditakuti Si Unyil dan kawan-kawannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pak Raden digambarkan sebagai tokoh yang terkenal pelit dan suka marah-marah dalam serial boneka "Si Unyil". Pencipta tokoh Si Unyil dan Pak Raden ini meninggal dunia pada 30 Oktober 2015.

Bukan hanya dua tokoh tersebut, Suyadi juga menciptakan karakter lain seperti Pak Ogah dan Bu Bariah. Selain pandai mendongeng dan membuat boneka, dia juga hobi mendalang dan pandai membuat ilustrasi buku-buku anak dan sketsa. Hanya saja, Allah lebih mencintai beliau, Suyadi berpulang di usianya 82 tahun.

Drs Suyadi berhasil menjadikan Si Unyil sebagai tokoh dalam dunia dogeng anak-anak Indonesia. Ia pun meruapakan salah satu pendongeng paling terkenal di Tanah Air.

Perannya yang begitu besar mempopulerkan dongeng bagi anak-anak membuat tanggal lahir Pak Raden diresmikan sebagai Hari Dongeng Nasional oleh Kemendikbud. Selamat Hari Dongeng Nasional, Kids.

.

Yuk ikuti informasi seputar berita-berita anak di Republika Kids. Ibu dan Bapak juga bisa perpartisipasi dengan mengirimkan dan kritik ke email kami: republikakids@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook Republika Kids.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Everything You Need For Your Kids

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image